Allohu Akbar, Teriakan Histeris Pilot Adam Air, Rekaman CVR Black Box Adam Air

Rekaman Black Box Adam Air: pakah publik memang boleh mendengarkan isi rekaman Blackbox sebuah pesawat yang mengalami kecelakaan?

Kita semua pasti masih ingat dengan kecelakaan pesawat Adam Air di awal tahun 2007 yang lalu. Ya, pada 1 Januari - Adam Air Penerbangan 574 dari Jakarta - Manado via Surabaya jatuh di sekitar Selat Makassar. Tercatat ada 96 penumpang dan 6 awak pesawat tewas.

Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengetahui dimana pesawat itu jatuh. Penyebab jatuhnya pun baru diungkapkan oleh KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) pada 25 Maret yang lalu.

Biasanya, kita tidak pernah mendengar bagaimana isi Blackbox pesawat yang celaka. Namun, entah bagaimana caranya, ternyata rekaman Blackbox pesawat Adam Air 574 itu ternyata bisa didengarkan. Adalah seorang anggota Kaskus.com dengan nickname exc@libur yang kemarin memposting sebuah tautan ke RapidShare yang berisi rekaman pembicaraan di cockpit pesawat yang naas itu.

Jika ingin mendengarkan rekaman itu, silakan download di pranala RapidShare ini.

Selain itu, exc@libur mendapat bantuan dari seseorang yang menamakan dirinya Black Angel yang bekerja sebagai ATC (Air Traffic Control) untuk melakukan transkripsi atas rekaman sepanjang 5 menit dan 38 detik itu. Black Angel juga menambahkan penjelasan tentang berbagai jargon dalam dunia penerbangan yang terasa asing bagi orang awam. Berbagai akronim dan singkatan dipaparkan oleh Black Angel di sana.

Kemungkinan besar rekaman itu asli. Pertanyaannya: bagaimana rekaman itu sampai muncul di publik? Mengapa kali ini rekaman itu bisa “bocor”? Apakah publik memang boleh mendengarkan isi rekaman Blackbox sebuah pesawat yang mengalami kecelakaan? Ternyata mengerikan juga ya mendengar detik-detik terakhir sebelum akhirnya Adam Air terjun ke laut. Speechless!

Share this

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+